PRO SERVICE AC DEPOK | Mengerjakan Service AC Split / Window / Inverter, dan barang elektronik lainnya seperti, Kulkas, Frezzer, Mesin Cuci, Magic Com, Komputer PC, TV, Lcd, Monitor, Setrika, Mesin Air, Dispenser, Instalasi Listrik, Microwave, Water Heater, Kompor Gas, Pompa Air, dll, bergaransi 1 bulan, Pelayanan Service Panggilan Ke Rumah, Perkantoran, dan Pertokoan, Untuk wilayah Depok, Bogor, dan Sekitarnya.

PRO SERVICE AC DEPOK MURAH | Mengerjakan Service AC Split / Window / Inverter, dan barang elektronik lainnya seperti, Kulkas, Frezzer, Mesin Cuci, Magic Com, Komputer PC, TV, Lcd, Monitor, Setrika, Mesin Air, Dispenser, Instalasi Listrik, Microwave, Water Heater, Kompor Gas, Pompa Air, dll, Murah dan bergaransi 1 bulan Pelayanan Service Panggilan Ke Rumah, Perkantoran, dan Pertokoan, Untuk wilayah Depok, Bogor, dan Sekitarnya. Kontak : 021 91877784 / 08981384449 / 085715120507.

Cara Mudah Membersihkan Layar LCD TV

Cara Mudah Membersihkan Layar LCD TV

LCD atau yang berarti (Liquid Crystal Display) merupakan perangkat optik yang dimodulasi secara elektronik. LCD memiliki bentuk panel datar tipis yang tersusun dari sejumlah piksel warna atau monokrom yang berisi kristal cair yang tersusun di depan reflector. Selain memiliki ukuran yang tipis, layar LCD juga tidak dilapisi kaca sehingga memerlukan perawatan yang hati-hati.

Mengingat semakin banyaknya penggunaan layar monitor LCD, mulai dari layar monitor komputer sampai layar televisi, kita harus mengetahui cara perawatan layar LCD dengan baik. Yang perlu diperhatikan adalah layar LCD terbuat dari material tipis dan mudah tergores, berbeda dengan layar televisi tabung yang tebal dan terbuat dari bahan kaca. Untuk itu, layar LCD sebaiknya tidak menerima tekanan sekecil apapun. Bila layar LCD kotor atau berdebu, Anda harus berhati-hati dalam membersihkannya. Salah-salah Anda justru bisa menggores atau bahkan memecahkannya.

Meskipun beresiko bukan berarti Anda kemudian membiarkan layar LCD menjadi kotor dan berdebu begitu saja. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membersihkan layar LCD kesayangan Anda. Sebelum membersihkan layar LCD Anda, matikan televisi Anda dan putus stop kontak agar tidak ada aliran listrik. Tunggu beberapa saat dan kemudian perhatikan bagian layar LCD yang kotor dan perlu dibersihkan. Jangan tekan layar LCD Anda karena tekanan sekecil apapun bisa menyebabkan rusaknya komponen-komponen kecil pada layar LCD Anda .

Anda sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang dibuat khusus untuk membersihkan layar LG LCD TV . Bahan pembersih yang paling direkomendasikan adalah LCD Cleaner Kit yang bisa Anda beli di toko peralatan elektronik dengan harga sekitar Rp. 20.000,- sampai Rp. 150.000,-. Dengan LCD Cleaner Kit, Anda bisa membersihkan layar LCD tanpa takut merusaknya. Jika tidak tersedia LCD Cleaner Kit, Anda bisa menggunakan kain berbahan mikrofiber atau katun. Anda juga bisa menggunakan kain dan cairan pembersih kacamata. Jika tidak ada cairan pembersih, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan alkohol 70 persen dan air mineral (perbandingan 1:2).

Untuk menjaga layar LG LCD TV Anda awet dan tahan lama, Anda harus menghindari bahan-bahan berikut ini. Anda tidak boleh menggunakan air biasa (misalnya air PDAM) karena sisa-sisa Klorida akan meninggalkan residu pada layar LCD. Jangan gunakan kertas tisu, kain lap, atau bahan berpermukaan kasar karena bisa menggores layar LCD, bahkan kain kasar bisa menyebabkan dead-pixel pada layar LCD Anda. Anda juga dilarang menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar LCD Anda. Semprotkan dulu cairan pembersih ke bahan mikrofiber baru kemudian lap layar dengan gerakan memutar. Dengan cara yang baik dan benar, Anda bisa membersihkan layar LCD tanpa takut resiko merusaknya.


Cara 2 :
Di jaman yang sudah serba modern dan maju ini, menggunakan layar LCD sebagai pengganti layar tabung konvensional adalah pilihan yang sudah lumrah dan mulai dilirik orang. Selain karena secara fisik layar LCD memang terkesan ringkas, ringan dan sedap dipandang mata dibandingkan dengan layar tabung, dari segi ekonomis juga sangat membantu karena layar LCD tidak boros daya listrik layaknya saudara tuanya, monitor dengan teknologi tabung konvensional.
Namun, berbeda dengan layar tabung konvensional yang terbuat dari bahan gelas dan tebal, LCD memang terbuat dari material yang tipis dan mudah pecah. Piranti yang menggunakan tekhnologi LCD (termasuk laptop, LCD monitor, LCD TV) memang perlu perhatian khusus dalam penanganannya, terutama saat kita ingin membersihkan permukaan layar dari debu atau kotoran yang membandel, harus ekstra hati-hati karena cukup beresiko. Salah sedikit saja, LCD bisa tergores permanen atau malah yang terparah: pecah.

Namun, beresiko tinggi bukan berarti kita bisa membiarkan saja layar LCD menjadi kotor tanpa dibersihkan karena takut salah dan rusak, karena ada cara tersendiri untuk bisa kita ikuti dalam membersihkan layar LCD dari kotoran. Praktis dan aman tentunya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa mulai Anda lakukan untuk membersihkan layar LCD :
  • Siapkan larutan perbersih khusus layar LCD (Anda bisa membelinya di toko-toko komputer dalam bentuk LCD cleaner kit).
  • Jika Anda kesulitan mendapatkan LCD cleaner kit, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan air hasil sulingan. Tetapi jika layar LCD yang akan dibersihkan sudah dalam taraf sangat kotor, dianjurkan untuk mencampur air hasil sulingan ini dengan cuka putih (perbandingannya 50:50) agar bisa lebih efektif.
  • Siapkan kain katun yang sangat lembut atau kaos/T-shirt lama. Usahakan untuk mendapatkan potongan kain yang cukup lebar, karena akan membantu mengurangi risiko meninggalkan bercak di layar akibat dari tekanan jari.
  • Matikan laptop, komputer atau TV LCD Anda sebelum membersihkan layar.
  • Rendam kain dalam cairan pembersih, lalu peras sepenuhnya agar kain lembab tetapi tidak basah.
  • Seka permukan layar LCD dalam gerakan searah (turun ke bawah) secara lembut, bukan dengan gerakan melingkar. Ulangi langkah ini sampai layar terlihat bebas dari kotoran.
  • Keringkan layar dengan lap kering yang lembut.
Penting untuk diperhatikan :
  • Jangan menggunakan handuk kertas, tisu atau serbet, karena semua bahan tersebut mengandung serat kayu yang bisa menggores layar.
  • Hanya gunakan kain yang lembut, kering dan bebas benang jahit, atau cleaner kit yang memang dirancang khusus untuk digunakan pada layar LCD.
  • Hindari menggunakan kain bekas karena bisa meninggalkan debu atau kotoran.
  • Hindari menggunakan produk pembersih seperti “Windex” karena mengandung amonia dan dapat menggerus layar.
  • Jangan menggunakan produk yang mengandung alkohol, amonia, atau larutan bereaksi keras lainnya. Juga jangan menggunakan sabun.
  • Jangan menyemprotkan cairan secara langsung pada layar LCD.
  • Hindari menggunakan air PAM atau air sumur, terutama jika air di daerah Anda banyak mengandung mineral.
  • Gunakan tekanan secukupnya saja saat Anda menyeka layar LCD. JANGAN PERNAH menekan dengan keras atau menggosok saat membersihkan layar LCD.
  • Jika Anda ragu, mulailah dengan mencoba membersihkan area kecil dari layar LCD anda terlebih dahulu.
 Selamat mencoba.

Cara 3 :
Monitor komputer CRT sudah mulai ditinggalkan oleh orang, sekarang yang banyak digunakan adalah monitor LCD. Hal ini mungkin dengan alasan bahwa monitor LCD tidak terlalu memakan tempat serta lebih hemat dalam konsumsi listrik. Selain itu terdapat juga perbedaan lainnya, seperti layar LCD yang lebih sensitif dibanding layar monitor CRT. Karena layarnya yang sensitif maka saat kita ingin membersihkan hendaknya lebih berhati-hati.
 
Dibawah ini beberapa tips untuk membersihkan layar monitor LCD:
  • Matikan layar sehingga menjadi dingin dan memungkinkan kita untuk mempermudah melihat bagian yang kotor. Sambil kita menunggu layar menjadi dingin selama beberapa saat, campurkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama dan ingat bahwa kita tidak perlu butuh banyak. Kalau berlebih campuran tersebut masih dapat kita gunakan untuk lain kali.
  • Tuangkan cairan pada kain dan usap layar sampai bersih. Jangan terlalu ditekan.
  • Ulangi mengusap-ngusap bagian yang kotor sampai menjadi bersih.
Tips dan Peringatan:
  • Gunakan kain lembut seperti yang biasa kita gunakan untuk membersihkan kacamata. Ini akan mencegah monitor kita agar tidak tergores.
  • Atau bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan layar LCD yang dijual di toko.Jangan menekan layar monitor karena dapat menyebabkan kerusakan pada layar.
  • Jangan menyemprotkan apapun langsung ke layar karena bahan-bahan kimia dapat bereaksi dengan komponen layar LCDdan membuat layar menjadi kuning.
Cara 4 :
Sebagian besar kita menganggap hal biasa untuk membersihakan layar laptop/LCD kita, namun ada resiko bila Anda tidak memperhatikan cara membersihkanya. Berikut adalah cara untuk membersihkan layar laptop Anda sendiri dengan alat pembersih rumah tangga dan menggunakan bahan-bahan sederhana. Silakan baca semua peringatan dalam artikel ini sebelum mencoba untuk membersihkan layar LCD anda.
  • Buat larutan pembersih lembut.Solusi ideal adalah air suling biasa dan cuka putih . Jika membersihkan diperlukan lebih banyak berat  campuran 50/50. Tidak lagi direkomendasikan menggunakan pembersih dengan alkohol, amonia atau pelarut yang kuat pada layar LCD.
  • Taruh larutan dalam botol penyemprot kecil.
  • jenis botol yang dipakai untuk mendapatkan kabut halus. Jangan menggunakan ini untuk disemprotkan langsung pada layar itu sendiri.
  • Menggunakan kain yang sangat lembut seperti kain katun.Sebuah kain yang lembut (atau tisu sekali pakai ) adalah yang terbaik, karena akan membantu mengurangi risiko meninggalkan bercak di layar dari tekanan jari. Jangan menggunakan kain basah, namun hanya     lembab.Sebuah kain basah dapat menetes atau air akan mengalir ketika membersihkan layar dan dapat merusak layar Anda! karena tepi-tepi layar LCD dan Plasma memiliki sambungan listrik.
  • Lap kain te rhadap layar dalam gerakan melingkar konsisten. Terapkan tekanan lembut ke kain.Gunakan hanya tekanan yang cukup untuk menjaga kain dalam kontak dengan layar. Berhati-hatilah untuk tidak menekan jari-jari Anda ke dalam kain atau layar, terlalu banyak kekuatan ketika membersihkan layar dapat merusak matriks rendering layar LCD Anda.
Cara 5 :
Cara membersihkan LCD TV sangat penting diketahui karena seperti yang kita tahu layar LCD saat ini digunakan di hampir semua perangkat yang menggunakan display, misalnya laptop, tv lcd, handphone, smartphone, tablet dll. Memang LCD ini saat ini telah menjadi pilihan yang lebih baik bila dibandingkan layar konvensional yaitu layar tabung / CRT TV karena secara fisik lebih menghemat ruang serta pemakaian daya listrik yang rendah.

Membersihkan LCD TV sebenarnya sama saja dengan perawatan LCD monitor namun tetap ada beberapa hal yang berbeda. Pada saat membersihkan layar lcd memang perlu perhatian khusus, salah salah bila tidak mengetahui triknya LCD bisa tergores permanen atau mungkin lebih parah lagi bisa pecah.

Maksud hanya untuk membersihkan layar lcd malah merusaknya, tapi kita juga tidak bisa membiarkan layar lcd. Namun begitu untuk perawatan LCD kita tetap harus membersihkannya tentu saja dengan cara yang praktis dan aman tentunya.

Berikut langkah yang dilakukan untuk membersihkan layar LCD TV maupun LCD pada perangkat lainnya :
  • Anda perlu menyiapkan larutan perbersih khusus untuk layar LCD yang bisa dibeli di toko elektronik dalam bentuk LCD cleaner kit.
  • Ada alternatif lain selain menggunakan cleaner kit yaitu dengan menggunakan air suling, namun bila kotoran yang menempel sekiranya akan sulit dibersihkan anda bisa menambahkan cuka putih dengan perbandingan masing2 setengah supaya proses membersihkan kotoran lebih sempurna.
  • Untuk kain lap nya bisa disiapkan kain katun yang lembut atau bisa juga dengan kaos/T-shirt bekas. Pastikan ukuran kain cukup sehingga tidak meninggalkan bekas jari di layar.
  • Pastikan untuk terlebih dahulu mematikan perangkat lcd yang aka dibersihkan dan bila perlu cabut dari colokan listrik.
  • Rendam kain katun menggunakan cairan pembersih yang disediakan, peras airnya dan jangan sampai kain terlalu basah.
  • Seka layar LCD dari atas kebawah secara lembut dan berulang ulang, jangan melakukan gerakan melingkar, ulangi terus hingga kotoran hilang.Langkah terakhir anda bisa mengeringkan layar lcd menggunakan lap kering yang lembut.
Dalam membersihkan LCD TV juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :
  • Hindari cairan pembersih seperti “Windex” karena terdapat kandungan kimia amonia yang dapat menggerus layar.
  • Tidak perlu menggunakan sabun atau pembersih yang menggunakan alkohol
  • Jangan pernah untuk menyemprotkan cairan secara langsung ke layar LCD.
  • Jangan menggunakan air PAM, terlebih bila air PAM tersebut berwarna
  • Jangan menggunakan kain yang permukaannya kasar seperti misalnya serbet, karena mengandung serat kayu yang bisa menggores layar.
  • Sebisa mungkin gunakan lap pada cleaner yang disediakan, atau bisa menggunakan kain lembut yang tidak menggunakan benag jahit.
  • Bila menggunakan kain bekas pastikan kain tersebut bebas kotoran
  • Pada saat membersihkan jangan menekan Layar LCD terlalu keras atau mungkin menggosoknya, lakukan dengan lembut.
  • Untuk percobaan anda bisa mencoba untuk terlebih dahulu membersihkan area yang lebih kecil pada layar.

Artikel Terkait:



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 7:48 AM and have