PRO SERVICE AC DEPOK | Mengerjakan Service AC Split / Window / Inverter, dan barang elektronik lainnya seperti, Kulkas, Frezzer, Mesin Cuci, Magic Com, Komputer PC, TV, Lcd, Monitor, Setrika, Mesin Air, Dispenser, Instalasi Listrik, Microwave, Water Heater, Kompor Gas, Pompa Air, dll, bergaransi 1 bulan, Pelayanan Service Panggilan Ke Rumah, Perkantoran, dan Pertokoan, Untuk wilayah Depok, Bogor, dan Sekitarnya.

PRO SERVICE AC DEPOK MURAH | Mengerjakan Service AC Split / Window / Inverter, dan barang elektronik lainnya seperti, Kulkas, Frezzer, Mesin Cuci, Magic Com, Komputer PC, TV, Lcd, Monitor, Setrika, Mesin Air, Dispenser, Instalasi Listrik, Microwave, Water Heater, Kompor Gas, Pompa Air, dll, Murah dan bergaransi 1 bulan Pelayanan Service Panggilan Ke Rumah, Perkantoran, dan Pertokoan, Untuk wilayah Depok, Bogor, dan Sekitarnya. Kontak : 021 91877784 / 08981384449 / 085715120507.

Tips Memilih Dan Memasang Pompa Air Yang Bagus Untuk Rumah Tangga

Tips Memilih Dan Memasang Pompa Air Yang Bagus Untuk Rumah Tangga

Kali ini Proservice akan membagikan Tips Memilih Dan Memasang Pompa Air Yang Bagus Untuk Rumah Tangga, berikut detailnya, Air merupakan kebutuhan dan  hal yang utama dalam rumah tangga maupun makhluk lainya. Selain untuk kebutuhan  minum, masak,cuci,mandi maupun keperluan lainnya.

Atau Mungkin dirumah anda memakai air PDAM ?Jaringan distribusi air telah menyebar ke banyak rumah,termasuk rumah anda,dan apakah sudah mencukupi semua kebutuhan air bersih di rumah anda? Atau Bahkan mungkin hanya mengalir saat tengah malam saja dan bahkan keluarnya air sangat kecil ?!.

saat ini baru sekitar 25% rumah tangga yang sudah dilayani oleh PDAM. Sisanya  masih menggunakan sumber air tanah. Makadari itu pemakaian pompa air masih sangatdominan. Banyak rumah tangga di kota2x sudah menggunakan pompa air, sekalipun di rumah mereka telah dilayani PDAM.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari dalam sebuah rumah tangga kita menggunakan 1 buah pompaAir untuk mendistribusi/mengambil air dari sumbernya untuk kebutuhan kita. Untuk memudahkan kita mengkonsumsi air, biasanya kita membangun towerair dengan ketinggiantertentu.Dalamkondisiini mesin pompa menghisap air dari sumber air daribawah dengan mesinpompa untuk disimpan pada tower air atau toran.kemudia dengan toranAir, kita memanfaatkanyadengan gaya gravitasiBumi untuk membuat air mengalir melalui pipaTanpa bantuan pompa. Untuk kebutuhan di lantai dasar sistemitu mungkin berjalan baik.Tapi, untuk air dilantai dua bisa akan terjadimasalah karenagaya gravitasinya sudahrendah.mengatisinya dengan meninggikan tower air atau dengan tambahan pompa.

Saat ini banyak jenis pompa air rumah tangga yang beredar di pasaran berbagai merek dan tipe,buatan Jepang, Korea,China atau produksi lokal sendiri dengan beragam kapasitas pompa air itu sendiri.
Untuk memilih jenis pompa yang cocok sebenarnya tidak begitu sulit, yang penting anda memiliki informasi tentang pompa air tersebut  sebelum membelinya. Tanpa informasi akurat bukan anda saja yang kan kebingungan, penjualpun bakalan bingung untukmemilih pompa yang cocok untuk sumur anda.
Nah jika anda berniat untuk membeli/mengganti mesin pompa dirumah anda mungkin tips berikut ini cukup membantu anda.

Tips Memilih Pompa Air yang bagus
  • Kedalaman Air. Ukur kedalaman permukaan air dari dasar air tanah di mana pipa pompa air akan di pasang. Informasi mengenai kedalaman permukaan air seringkali tidak sesui,.ukur kedalaman air dengan tali yang di kasih pemberat,atau kalau sumur tidak terlalu dalam ukur dengan bambu,dan jangan hanya air nya saja yang di ukur tapi kedalaman sumur nya juga di ukur,bisa tanya ke tukangnya.
  • Jenis  Pompa Air Untuk kedalaman permukaanAir kurang dari 7 meter, pilih pompaAir sumur dangkal, untuk kedalaman 7 – 9 m seharusnya menggunakan pompa sumur dangkal tipe semi jet pump. Bila kedalaman permukaan sumberair anda diatas 9 meter, maka anda sebaiknya menggunakan pompa air berjenis jet pump.jikalebih dalam lagi anda bisa menggunakan pompa air sentrifugal atau pompa celup bahkan di atas 50mbisa menggunakan submersible pump yang fungsinya sudak tidak dengan sistem hisap tapi dengan sistem dorong.
  • Spesifikasi Pompa itu sendiri berapa liter dalam satujam pengisian air,tanyakan kepada penjual toko pompa air tersebut.
  • Daya Listrik pompa. Pompa biasa berdaya listrik 125 atau 200 watt sedangkan semi jet pump berdaya 100 atau 250 watt, dayalistrik yang lebih besarbukan berarti dapat menghisap lebih dalam. Contoh: Dengandaya 200watt, kapasitasAir,dalam arti volumeair yang dikeluarkan oleh pompaair tersebut per jam, lebih besar daripada yg 125 watt. Berbeda pula dengan mesinpompa berjenis Jetpump, dayalistrik yang besar mempunyai daya hisap yang lebih dalam pula.
  • Soal Daya Listrik Jet Pump. Dengan kedalaman sumur hingga 12 meter, anda dapat menggunakan pompa jetpump berdaya listrik 125w atau 150 W. Pada informasi spesifikasi produk dari produsen umumnya disebut memiliki daya hisap hingga 15meter. Untuk kedalaman permukaanair lebihdari 12 meter adapatokan standar yang umumnya sudah diketahui oleh toko atau tukang pompa air, yaitu : 15 meter adalah kedalamanmaksimal yang optimal untuk pompa jetpump 250Watt ataudengan 300 Watt, 17 meter untuk yang berdaya 375Watt, dan dengan kedalaman  20 meter untuk yangberdaya 500 Watt. Lebih dari patokantersebut umumnya kapasitasair yang keluar dari pompaair sudah tidak optimal untuk penggunaan rumah tangga yang sederhana sekalipun.Jangan terkecoh dengan informasi spesifikasi daya hisap dari produsen, yang umumnya mencantumkan daya hisap sampai 25 meter untuk pompa jet pump berdaya 250Watt atau 300 Watt,Bila kedalaman permukaan air anda sudahmelebihi batas 20meter,anda sudah disarankan untuk menggunakan pompa celup atau pompa berjenis submersible.
  • Ketinggian Tower air. Hingga ketinggian berapa air akan disalurkan. Untuk itu anda perlu mempelajari lebih lagi dari pompa air. Biasanya disebut TotalHead. Daya dorong juga dipengaruhi oleh berapa kedalaman hisapnya. Makin pendek dayahisap, makinjauh daya dorongnya. Oleh karenaitu usahakan untuk menempatkan mesin pompa air dengansumur serendahmungkin.

Tips Memasang Pompa Air Yang Baik 
  • Tempatkan pompa sedekat mungkin dengan sumber air, denganmemperkecil jarak pipa hisap akanmenambah daya semburan pipa dorong. Jika halini tidak memungkinkan karena pertimbangan ruangan, jarak maksimal pipa dari sumur pompa dibatasisesuai tinggi Hisapnya.
  • Pompa Air harus terhindar dari hujan,panas atau dengan genangan air.
  • Tempatkan pompa ditempat yang mudah untuk diperiksa jika ada masalah.
  • Kurangi jumlah tikungan dalam sambungan pipa agar mencegah kebuntuan ke depannya.
  • Pasang pipa daripompa secara vertikal ke dalamsumur denganjarak ujung pipa kedasar sumur minimal 30cm, dan ujung pipa terendam didalam air.
  • Pompa otomatis yang dipasang untukmenyalurkan air ketower air dengan sumberair darisumur ataubak penampung dibawah.
  • Tidak boleh ada kebocoran pada instalasi pipa, baik pipa untuk hisap maupun pipa keluar. Karena itu pemasangan, penyambungan, dan pengeleman pipa harus dilakukan dengan benar. Terutama untuk pipa hisap,akibatnya debit air bercampur udara,yang akan di timbulkan yaitu akan memancing terus setiap kali menghidupkan pompa tersebut ataubahkan air tidak dapat mengalir sama sekali. Sedangkan untuk pipa dorong resiko paling jelek terjadinya kelembaban pada dinding/ruangan tetapiair tetap jalan.
  • Pipa hisap harus dipasang horizontal atau miring untuk mencegah udaraterperangkap. Keadaan sepertiini akanmengurangi debitair  yang keluar.

Artikel Terkait:



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 8:09 PM and have 0 comments

No comments: